Testing Post II

Posted by Unknown in ,

Cara yang paling sering digunakan adalah melihat data kuantitatifhasil survey dari badan research dalam hal ini data Nielsen. Data media consumption habit adalah salah satunya, menggambarkan media mana yang paling banyak pengkonsumsinya, tetapi data ini terlalu umum dan selalu sama hasilnya. Hal lain yaitu melihat pola kompetisi, efisiensi, pendekatan kreatif, budget yang tersedia yang tentunya semua ini dihubungkan dengan tujuan beriklan.
Saat ini data kuantitatif harus dilengkapi oleh analisa yang lebih dalam mengenai pola hidup secara lebih detail tidak cukup data kuantitaif apalagi hanya data yang umum. Data-data detail tersebut adalah kondisi terkini dalam masyarakat dan bagaimana target audience mengkonsumsi media, kapan mereka mengkonsumsi media dan lain-lain. Analisa seperti ini dianggap sebagai analisa kualitatif karena masih belum tersedia survey lengkap yang dapat digambarkan melalui data kuantitatif. Perlunya data pendukung ini karena saat ini perubahan kehidupan masyarakat terjadi sangat cepat, mengikuti kecepatan teknologi yang sangat cepat berubah terutama bagi masyarakat di kota-kota besar yang merupakan early adaptors bagi teknologi ini.
Seorang media planner harus rajin meluangkan waktu melakukan pengamatan, mencari, bertanya kebiasaan apa yang terjadi di masyarakat terutama yang berhubungan dengan media. Ketika program Mamamia booming, atau program lainnya, seorang media planner harus melakukan pengamatan di luar data Nielsen,seperti apa karakter target audience yang menyukai program tersebut, apakah mayoritas suka atau masih ada kontraversi atau bantahan.
Media planner juga harus menelusuri kebiasaan target audience, ambil saja satu contoh target yangdianggap sempurna mewakili target audience dan telusuri karaketer serta konsumsi medianya dan data yang diperoleh digunakan sebagai justifikasi secara kualitatif.
Mengenai analisa kondisi terkini salah satunya adalah tingkat kemacetan yang semakin tinggi, apakah membawa dampak pada pola konsumsi media. Apakah pola konsumsi internet semakin tinggi, selain kita mengatakan bahwa internet kebanyakan digunakan di kantor untuk chatting, email atau update berita, coba cari fakta baru mengenai internet.
Dalam kondisi saat ini kepada siapakah kita harus menggunakan TV dan kapan, media print sebaiknya untuk apa. Apakah Kompas masih mewakili koran nasional, bagaimana dengan koran lokal, bagaimana kondisi di daerah, begitupula media lainnya radio, outdoor dan lain-lain.
Hasil pengamatan ini jangan ragu-ragu disampaikan kepada klien karena bisa jadi menjadi informasi yang sangat berguna bagi klien dan tentunya bagi media planner sendiri untuk menentukan media yang akan digunakan.

Unknown

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow SORA on Twitter or read the blog.

0 comments:

Top5 Events

Special offer

Contact us